Rabu, 30 Januari 2013

TEKNOLOGI DIGITAL DAN ANALOG

Pemanfaatan Teknologi Digital Untuk Indonesia


Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dari masa ke masa semakin pesat dan perkembangan tersebut dimaksudkan untuk semakin mempermudah manusia di dalam melaksanakan aktivitasnya, contoh saja dengan kehadiran teknologi digital yang semakin mempermudah kita di dalam melaksanakan pekerjaan kita. Sebelum kehadiran teknologi digital ini kita masih menggunakan teknologi analog yang masih bersifat manual atau belum bekerja secara otomatis sehingga penggunaan teknologi masih belum praktis.
Teknologi digital adalah teknologi yang berbasis sinyal elektrik komputer, sinyalnya bersifat terputus-putus dan menggunakan sistem bilangan biner.  Bilangan biner tersebut akan membentuk kode-kode yang merepresentasikan suatu informasi tertentu. setelah melalui proses digitalisasi, informasi yang masuk akan berubah menjadi serangkaian bilangan biner yang membentuk informasi dalam wujud kode digital. Kode digital tersebut nantinya akan mampu dimanipulasi oleh komputer. Atau dengan kata lain teknologi digital merupakan teknologi yang sistem pengoperasiannya serba otomatis juga canggih dengan sistem komputerisasi / format yang dapat dibaca oleh komputer.

Keuntungan dari penggunaan Teknologi Digital
Keutuhan data pada saat proses transmisi ( Pada saat informasi dipancarkan dalam bentuk sinyal digital, walaupun telah menempuh jarak yang cukup jauh keutuhan data akan tetap terjaga );
Sinyal digital akan mengalami regenerasi. Sinyal-sinyal yang rusak akan digantikan oleh sinyal baru;
Teknologi digital ini memungkinkan kita untuk mendistribusikan Informasi dalam beragam jenis dan dalam jumlah yang banyak secara bersamaan;
Sistem Komunikasi yang fleksibelTteknologi digital melalui teknologi Integrated Service Digital Network ( ISDN ) atau dalam bahasa indonesia populer dengan sebutan jaringan telekomunikasi digital pelayanan terpadu dapat menghantarkan berbagai informasi dalam sebuah jaringan tunggal. ISDN ini membawa revolusi dalam cara kita berkomunikasi. Kita dapat bertukar gambar, grafik, dan data dengan mudah, cepat serta dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja.  
Efisiensi Biaya  Dikarenakan adanya teknologi integrate circuit (IC) yang dikenal dengan sebutan chips, dapat menekan biaya produksi dan juga alat-alat pada teknologi digital lebih stabil, praktis dan memiliki daya tahan yang lama dalam pemakaiannya.

Penggunaan tekonologi digital ini dapat ditemukan pada Pesawat, ponsel, kamera, MP3 player, komputer, tv, dan masih banyak lagi peralatan-peralatan elektronik yang menggunakan teknologi digital dan semua peralatan yang menggunakan teknologi digital maka mempermudah pemakainya dan juga praktis untuk digunakan.

Manfaat Penggunaan Teknologi Digital bagi kehidupan manusia





Banyak sekali manfaat penggunaan teknologi digital bagi kehidupan manusia, tapi saya akan jelaskan beberapa saja manfaat Penggunaan Teknologi Digital bagi kehidupan manusia:
1.  Di bidang Pendidikan
Manfaat teknologi digital juga dirasakan di dunia pendidikan karena dengan pendidikan sekarang yang sudah berbasis komputer maka membuat kemudahan dalam mengajar ataupun belajar, seperti belajar dengan internet.  Sedangkan bagi pengajar dapat memanfaatkan teknologi proyektor untuk mempresentasikan bahan ajarnya dan bahan ajar tersebut dapat dibuat semenarik mungkin dan mudah dimengerti dengan mengunakan program komputer seperti power point, photoshop dan sebagainya.
2.  Di bidang Komunikasi
Dengan teknologi digital maka memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dimana komunikasi dapat berlangsung dengan cepat,kapan saja dan dimana saja artinya tidak terpengaruh oleh jarak misal melalui telpon seluler, atau komunikasi tatap wajah secara langsung melalui internet seperti melaui YM video call, Webcam, skype dan juga komunikasi melalui email,  jejaring sosial seperti FB, twitter dan lain sebagainya.
3.  Di bidang Advertising
Dengan menggunakan teknologi digital maka pembuatan spanduk, banner, umbul-umbul, biliboard akan lebih mudah dan hasilnya pun lebih bagus karena  Elemen gambar dapat dimanipulasi oleh komputer. Sehingga kita dapat menciptakan efek tertentu pada gambar juga dapat memperbaiki kualitas gambar yang dianggap kurang baik. Bentuk manipulasinya bisa berupa penambahan intensitas cahaya pada gambar, sehingga gambar yang ada menjadi lebih terang atau gelap, meningkatkan ketajaman gambar yang kurang fokus, serta memperbaiki warna pada bagian tertentu dari gambar.  Sehingga gambar dan tulisan yang ditampilkan di banner, biliboard ataupun spanduk kelihatannya lebih indah dan menarik
4.  Dibidang Transportasi
Penggunaan teknologi digital sangat membantu sekali dari segi transportasi seperti pesawat terbang ataupun menara kontrolnya yang dengan teknologi digital membantu komunikasi antara menara kontrol dan pilot pesawat agar pesawat dapat terbang dalam keadaan aman.
5.  Dibidang Pengarsipan
Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah, oleh karena itu sangat penting untuk mempertahankan arsip-arsip atau dokumen yang menjadi bukti sejarah tersebut.  Oleh karenanya penggunaan teknologi digital dapat membuat arsip secara elektronik dimana arsip secara elektronik ini dapat diakses oleh siapa saja dan juga dengan arsip elektronik ini mengurangi resiko kerusakan pada arsip-arsip karena arsip-arsip tersebut rata-rata umurnya sudah tua dan sangat rapuh sekali jadi jika sering dibuka kemungkinan akan lebih cepat rusak padahal arsip-arsip tersebut merupakan bukti historis sejarah kita yang harus dipertahankan.
6.  Didang Media
Dengan hadirnya media-media online maka informasi atau berita semakin mudah diperoleh dan tak terbatas jumlahnya. Kalau dulu kita hanya disajikan informasi atau berita dalam bentuk tulisan dari media cetak seperti koran atau majalah tapi sekarang kita dapat mencari informasi atau berita tersebut dari internet, karena media seperti koran,majalah sekarang tesedia dalam bentuk online.
7.  Di bidang pertelevisian
Contoh penggunaan televisi digital yang memiliki keunggulan dalam hal kualitas gambar/suara, penghematan yang luar biasa dalam hal lebar bandwidth sinyal siaran, lebih banyak channel yang bisa ditawarkan ke pemirsa.
Sedangkan manfaat penggunaan teknologi digital bagi pihak stasiun pemancar atau stasiun televisi adalah bisa menggunakan beberapa sinyal dalam satu lebar gelombang yang sama, memungkinkan untuk melakukan siaran atau menambahkan informasi tambahan dalam sinyal televisi digital. Untuk pengguna televisi kabel/satelit, bisa memanfaatkannya untuk melihat jadwal atau informasi tambahan dalam bentuk teks dalam sebuah program/channel tertentu.  Dan juga dengan teknologi digital maka kita mengalami kemudahan untuk mendapatkan informasi atau peristiwa hangat yang terjadi dari seluruh dunia yang dapat disiarkan secara langsung oleh stasiun tv.

Masih banyak lagi manfaat penggunaan teknologi digital dan semuanya itu membuat pekerjaan semakin lebih mudah dan praktis.

Oleh karena itu pemanfaatan teknologi digital di Indonesia perlu ditingkatkan lagi sehingga pemanfaatan teknologi digital dapat tersebar merata ke seluruh pelosok Indonesia bahkan daerah-daerah terpencil, sehingga daerah-daerah terpencil inipun dapat merasakan kemudahan dengan pemanfaatan teknologi digital dengan demikian Indonesia dapat menjadi negara yang berkembang pesat teknologinya sehingga dapat bermanfaat bagi kehidupan penduduk Indonesia dan juga pembangunan Indonesia.





Teknologi Analog & Digital Dalam kehidupan Sehari-hari
25 Jan,  2013
Selamat pagi semuanya. Udah lama aku enggak update blog karena kesibukan di sekolah. Sekarang aku mau share tentang teknologi analog dan digital buat tugas TIK di sekolah. Oke langsung saja nihh aku kasih materinya..
TEKNOLOGI ANALOG
Pengertian teknologi analog adalah merupakan suatu bentuk perkembangan teknologi sebelum berkembangnya teknologi digital. Pada dasarnya analog merupakan perkembangan teknologi yang masih menggunakan sistem yang manual,dalam artian belum sepenuhnya dapat bekerja secara otomatis seperti pada teknologi digital. Teknologi analog pada dasarnya hanyalah alat yang sederhana dengan program yang tertentu saja.
Teknologi Analog merupakan proses pengiriman sinyal dalam bentuk gelombang. Sinyal analog bekerja dengan mentransmisikan suara dan gambar dalam bentuk gelombang kontinu (continous varying). Misalnya ketika seseorang berkomunikasi dengan menggunakan telepon, maka suara yang dikirim melalui jaringan telepon tersebut dilewatkan melalui gelombang. Dan kemudian, ketika gelombang ini diterima, maka gelombang tersebut yang diterjemahkan kembali ke dalam bentuk suara, sehingga si penerima dapat mendengarkan apa yang disampaikan oleh pembicara lainnya dari komunikasi tersebut.Sinyal analog merupakan pemanfaatan gelombang elektromagnetik.
Contoh :
- Telepon : Pengiriman suara dilewatkan melalui gelombang elektromagnetik ini, yang bersifat variable dan berkelanjutan. Satu komplit gelombang dimulai dari voltase nol kemudian menuju voltase tertinggi dan turun hingga voltase terendah dan kembali ke voltase nol. Kecepatan dari gelombang ini disebut dengan hertz (Hz) yang diukur dalam satuan detik.Misalnya dalam satu detik, gelombang dikirimkan sebanyak 10, maka disebut dengan 10 Hz.
- Televisi : Sinyal gambar pada televisi, atau suara pada radio yang dikirim secara berkesinambungan. Pelayanan dengan menggunakan sinyal ini agak lambat dan mudah error dibandingkan dengan data dalam bentuk digital. Gelombang analog ini disebut dengan baud. Baud adalah sinyal atau gelombang listrik analog. Satu gelombang analog sama dengan satu baud.Kelemahan dari sistem ini adalah tidak bisa mengukur sesuatu dengan cukup teliti. Karena hal ini disebabkan kemampuan mereka untuk secara konsisten terus – menerus, merekam perubahan yang terus menerus terjadi, dalam setiap pengukuran yang dilakukan oleh sistem analog ini selalu ada peluang keragu – raguan akan hasil yang dicapai, dalam sebuah sistem yang membutuhkan ketepatan koordinasi dan ketepatan angka – angka yang benar dan pas, kesalahan kecil akibat kesalahan menghitung akan berdampak besar dalam hasil akhirnya. Sistem ini butuh ketepatan dan ketelitian yang akurat, salah satu bentuknya adalah otak kita.Contoh saja telepon yang berbasis analog, telepon yang pada awalnya ditemukan pada tahun 1876, diniatkan sebagai media untuk mengirimkan suara, dan salah satu untuk mengirimkan suara, dan salah satu penerapan konsep analog. Sampai pada tahun 1960-an, penerapan analog ini masih tetap bertahan. Setelah itu mulai mengarah kepada teknologi digital.Begitu juga dengan televisi analog adalah televisi yang menerjemahkan sinyal menggunakan gelombang radio. Pemancar televisi mengirimkan gambar dan suara melalui gelombang radio, diterima oleh antena di rumah dan diterjemahkan menjadi gambar yang kita tonton.
TEKNOLOGI DIGITAL
Pengertian teknologi digital adalah teknologi dilihat dari pengoperasionalnya tidak lagi banyak menggunakan tenaga manusia.Tetapi lebih cenderung pada sistem pengoprasian yang serba otomatis dan canggih dengan sistem komputeralisasi atau format yang dapat dibaca oleh komputer. Teknologi digital pada dasarnya hanyalah sistem menghitung sangat cepat yang memproses semua bentuk-bentuk informasi sebagai nilai-nilai numeris.
Teknologi Digital merupakan hasill teknologi yang dapat mengubah signal menjadi kombinasi urutan bilangan 0 dan 1 (juga dengan biner) untuk proses informasi yang mudah, cepat dan akurat. Signal tersebut disebut sebuah bit. Signal digital ini memiliki berbagai keistimewaan yang unik yang tidak dapat ditemukan pada teknologi analog yaitu :
• Mampu mengirimkan informasi dengan kecepatan cahaya yang dapat membuat informasi yang dapat dikirim dengan kecepatan tinggi.
• Penggunaan yang berulang-ulang terhadap informasi tidak mempengaruhi kualitas dan kuantitas informasi itu sendiri.
• Informasi dapat dengan mudah diproses dan dimodifikasi ke dalam berbagai bentuk.
• Dapat memproses informasi dalam jumlah yang sangat besar dan mengirimnya secara interaktif.
Kelebihan informasi digital adalah kompresi dan kemudahan untuk ditransfer ke media elektronik lain. Kelebihan ini dimanfaatkan secara optimal oleh teknologi internet, misalnya dengan menaruhnya ke suatu website atau umumnya disebut dengan mengupload. Cara seperti ini disebut online di dunia cyber.System tranmisi digital menyediakan :
 Tingkat pengiriman informasi yang lebih tinggi.ü
 Perpindahan informasi yang lebih banyak.ü
 Peningkatan ekonomiü
 Tingkat kesalahan yang lebih rendah dibanüding sistem analog.
Contoh :
- Komputer : komputer mengolah data yang ada adalah secara digital, melalui sinyal listrik yang diterimanya atau dikirimkannya. Pada prinsipnya, komputer hanya mengenal dua arus, yaitu on dan off, atau istilah dalam angkanya sering juga dikenal dengan 1 (satu) atau 0 (nol). Kombinasi dari arus on atau off inilah yang mampu membuat komputer melakukan banyak hal, baik dalam mengenal huruf, gambar, suara, bahkan film – film yang menarik yang akan kita tonton dalam format digital.Perkembangan teknologi digital dari komputer dapat mengakibatkan dampak positif dari segala pihak yang dapat memanfaatkannya. Contohnya saja untuk menerbitkan buku atau tulisan dapat secara online. Penjualan buku atau tulisan dapat dilakukan melalui internet tanpa melalui penjual seperti di pasar. Pengguna dapat membaca abstraksi sebuah buku atau tulisan dan sebuah buku utuh di toko buku ini.Media digital seperti ini dapat hadir dengan membuat tulisan atau buku–buku yang memang dari format komputer atau dengan mengkonversikan buku–buku yang telah lama dicetak dulu dalam format online. Metode seperti ini membutuhkan software peranti lunak yang bernama Optical Character Recognition (OCR). Software ini kemudian akan mengkonversikan kalimat kalimat yang tercetak dalam karakter–karakter yang dapat dibaca komputer.Begitu juga dengan televisi digital, Televisi digital adalah standar baru transmisi gambar dan suara untuk menggantikan sistem analog yang ada sekarang. Selain keunggulan kualitas gambar/suara, televisi digital juga menjanjikan penghematan yang luar biasa dalam hal lebar bandwidth sinyal siaran, krisis keterbatasan alokasi frekuensi akan hilang sehingga akan lebih banyak channel yang bisa ditawarkan ke pemirsa.Tidak hanya itu, stasiun pemancar atau stasiun televisi juga bisa menggunakan beberapa sinyal dalam satu lebar gelombang yang sama, memungkinkan untuk melakukan siaran atau menambahkan isi atau informasi tambahan dalam sinyal televisi digital. Untuk yang memanfaatkan televisi kabel/satelit, bisa memanfaatkannya untuk melihat jadwal atau informasi tambahan dalam bentuk teks dalam sebuah program/channel tertentu.
Pesatnya perkembangan teknologi komunikasi yang ditandai dengan kehadiran sejumlah berbagai alat komunikasi mutakhir, dimana setiap orang dapat mengolah, memproduksi, serta mengirimkan maupun menerima segala bentuk pesan komunikasi, di mana saja dan kapan saja, seolah-olah tanpa mengenal batasan ruang dan waktu, dengan sendirinya telah memacu terjadinya perkembangan di sektor media massa, yang merupakan bagian dari komponen komunikasi. Akibatnya, serbuan informasi yang bersumber dari media massa, baik cetak maupun elektronik mulai terasa. Disadari atau tidak, saat ini kita memang telah berada dalam suatu lingkaran yang sarat akan informasi. Hal ini tentunya akan memberikan dampak-dampak tertentu bagi masyarakat, baik positif maupun negatif. Namun pastinya, yang perlu diwaspadai adalah dampak negatif dari pesatnya perkembangan tersebut yang secara tidak langsung mulai mengisi liku-liku kehidupan masyarakat. Sebagai catatan, dalam beberapa dasawarsa terakhir ini perkembangan media massa dan arus informasi di Indonesia memang terbilang luar biasa.







DIGITAL AUDIO

Audio digital merupakan konversi menggunakan pulse-code modulation dan sinyal digital untuk reproduksi suara . Ini termasuk konversi dari analog menuju digital. Sementara manfaat utama sistem digital adalah kemampuan untuk menyimpan, mengambil dan mengirim sinyal tanpa kehilangan kualitas.

Digital audio telah muncul karena keunggulannya dalam hal perekaman, manipulasi, produksi massal, dan distribusi suara. distribusi moderen musik di Internet melalui toko-toko on-line tergantung pada rekaman digital dan algoritma kompresi digital. Distribusi audio sebagai file data bukan sebagai obyek fisik secara signifikan dapat mengurangi biaya distribusi.

Dalam sebuah sistem audio analog, suara mulai sebagai bentuk gelombang fisik di udara, diubah menjadi representasi listrik dari gelombang tersebut, melalui transduser (misalnya, mikrofon), dan disimpan atau dikirimkan. Untuk diciptakan kembali menjadi suara, proses ini dibalik, melalui konversi amplifikasi dan kemudian kembali ke bentuk gelombang fisik melalui pengeras suara. Meskipun sifatnya berubah, karakteristik audio analog yang mendasar seperti gelombang tetap sama selama masa penyimpanan, transformasi, duplikasi, dan amplifikasi.

Rantai audio digital dimulai pada sebuah sinyal audio analog sample yang pertama, dan kemudian diubah menjadi sinyal biner yang disimpan sebagai biner elektronik , sinyal magnetik, atau optik. Sinyal ini kemudian dapat lebih lanjut dikodekan untuk memungkinkan koreksi kesalahan yang mungkin terjadi dalam penyimpanan atau transmisi sinyal, namun pengkodean ini adalah untuk mengoreksi kesalahan, dan tidak sepenuhnya bagian dari proses audio digital. “channel coding” ini sangatlah penting untuk kemampuan siaran atau sistem digital yang direkam untuk menghindari kehilangan akurasi bit. Waktu diskrit dan tingkat sinyal biner memungkinkan decoder untuk menciptakan sinyal analog pada replay. Contoh channel coding adalah Delapan sampai Empat belas Bit modulasi seperti yang digunakan dalam Compact Disc audio (CD).

Proses Konversi Digital Audio

Pengubahan signal analog ke signal digital diperlukan sebuah alat yang biasa disebut ADC(Analog to Digital Converter). Pemprosesan sinyal digital diawali dengan mengubah sinyal masukan yang berupa sinyal analog. Unit ADC ini terdiri dari sebuah bagian Sample/Hold dan sebuah bagian quantiser. Unit sample/hold merupakan bagian yang melakukan pengubahan orde ke-0, yang berarti nilai masukan selama kurun waktu T dianggap memiliki nilai yang sama. pengubahan dilakukan setiap satu satuan waktu yang lazim disebut sebagai waktu peubah (sampling time). Bagian quantiser akan merubah menjadi beberapa level nilai, pembagian level nilai ini bisa secara uniform ataupun secara non-uniform misal pada Gaussian quantiser.

Unjuk kerja dari suatu ADC bergantung pada beberapa parameter,

parameter utama yang menjadi pertimbangan adalah sebagai berikut :
1. Kecepatan maksimum dari waktu cuplik.
2. Kecepatan ADC melakukan konversi.
3. Resolusi dari quantiser, misal 8 bit akan mengubah menjadi 256 tingkatan nilai.
4. Metoda kuantisasi akan mempengaruhi terhadap kekebalan noise

Sinyal audio digital dapat disimpan atau dikirimkan. penyimpanan digital audio bisanya pada CD, pemutar audio digital, hard drive, drive USB flash, CompactFlash, atau perangkat penyimpanan data digital lainnya. Sinyal digital kemudian dapat diubah dalam proses yang disebut pemrosesan sinyal digital di mana ia dapat disaring atau ditambahkan suatu efek. teknik Audio kompresi data – seperti MP3, Advanced Audio Coding, Ogg Vorbis, atau FLAC – biasa digunakan untuk mengurangi ukuran file.

Langkah terakhir adalah audio digital akan dikonversi kembali ke sinyal analog dengan DAC. Seperti ADC, DAC dijalankan pada tingkat sampling spesifik dan resolusi bit tapi melalui proses oversampling, upsampling, dan downsampling, sampling rate ini mungkin tidak sama dengan tingkat sampling awal.

Sejarah Penggunaan Digital Audio Dalam Rekaman Komersial

Pulse-code modulation ditemukan di Bell Labs pada tahun 1930 dan digunakan dalam aplikasi telekomunikasi jauh sebelum penggunaan pertama dalam siaran komersial dan rekaman.perekaman digital Komersial dipelopori di Jepang oleh NHK, dan Nippon Columbia (alias Denon) pada 1960-an. Rekaman digital komersial pertama dirilis pada tahun 1971.
BBC juga mulai bereksperimen dengan audio digital pada 1960-an. Pada awal 1970-an mereka telah mengembangkan perekam 2-channel dan pada tahun 1972 mereka mengunakan sistem transmisi digital audio yang menghubungkan pusat siaran mereka dengan pemancar remote mereka.
rekaman 16-bit PCM pertama di Amerika Serikat dibuat oleh Thomas Stockham di Santa Fe Opera pada tahun 1976 pada perekam Soundstream. Pada tahun 1978, sebuah versi perbaikan dari sistem Soundstream digunakan oleh Telarc untuk menghasilkan beberapa rekaman klasik. Pada saat yang sama 3M dengan baik melakukan pengembangan perekam digital multitrack berdasarkan teknologi dari BBC. Album all-digital pertama yang direkam pada mesin ini adalah Ry Cooder’s “Bop ‘Til You Drop” yang dirilis pada tahun 1979. Dalam program crash yang dimulai pada tahun 1978, label rekaman Inggris Decca mengembangkan sendiri 2-track digital recorder audio mereka. Decca merilis rekaman digital pertama Eropa pada tahun 1979.
Dibantu oleh pengenalan perekam multitrack digital populer dari Sony dan Mitsubishi, pada awal 1980-an digital audio segera menjadi daya tarik bagi perusahaan rekaman besar. Dengan diperkenalkannya CD oleh Sony dan Philips pada tahun 1982, audio digital telah banyak di gunakan oleh masyarakat umum.

Storage technologies:

Digital audio player
Digital Audio Tape (DAT)
Compact Disc (CD)
DVD Audio
MiniDisc
Super Audio CD
Various audio file formats

Keunggulan dan kekurangan digital audio

format yang beragam dapat disesuaikan dengan teknologi yang digunakan
kualitas copy yang serupa dengan master memudahkan penggandaan dari pihak perusahaan rekaman tanpa menurunkan mutu
proses penjualan dengan pendekatan single atau satu lagu terbukti jauh lebih efektif dan efisien ketimbang medium konvensional seperti kaset atau CD
kemudahan perekaman dan penggandaan rekaman memacu terjadinya pembajakan yang tentu saja akan merugikan
penyebaran musik digital di Internet tidak bisa sepenuhnya dikontrol oleh label sehingga mempengaruhi pemasukan untuk label.

sumber : http://amindanar.wordpress.com

0 komentar:

Poskan Komentar